rubrik penilaian

LEMBAR PENILAIAN AFEKTIF

Petunjuk :

  • Lembar / instrumen ini digunakan setelah pembelajaran berlangsung
  • Berilah tanda cek ( ) pada kolom untuk aspek sesuai dengan pengamatan

No

Aspek yang diamati

Dilakukan

Skor

Keterangan

Ya

Tidak

4

3

2

1

1

Kehadiran siswa              

2

Persiapan awal              

3

Partisipasi dalam kegiatan              

4

Kerjasama kelompok dalam mengerjakan LKS              

5

Aktivitas diskusi              

6

Presentasi hasil kegiatan              
  Jumlah Skor  

 

 

 

 

 

RUBRIK PENILAIAN AFEKTIF

No

Aspek yang diamati

Rubrik

Keterangan

1

Kehadiran siswa

4. Tepat waktu

3. Terlambat kurang dari 15 menit

2. Terlambat lebih dari 15 menit

1. Tidak hadir

 

2

Persiapan awal

4. Lengkap

3. Agak lengkap

2. Kurang lengkap

1. Tidak lengkap

 

3

Partisipasi dalam kegiatan

4. Sangat aktif

3. Aktif

2. Kurang aktif

1. Tidak aktif

 

4

Kerjasama kelompok dalam mengerjakan LKS

4. Sangat aktif

3. Aktif

2. Kurang aktif

1. Tidak aktif

 

5

Aktivitas diskusi

4. Sangat aktif

3. Aktif

2. Kurang aktif

1. Tidak aktif

 

6

Presentasi hasil kegiatan

4. Penyaji

3. Aktif menjawab pertanyaan

2. Aktif membantu

1. Tidak aktif

 
  Jumlah Skor  

 

 

LEMBAR PENILAIAN KINERJA

  • Butir Assesmen

Lakukan pengamatan ini melalui langkah-langkah yang benar

  • Petunjuk

Berilah tanda ( √ ) pada kolom untuk aspek sesuai dengan pengamatan

 

TABEL 1

No

Aspek yang dinilai

Dilakukan

Tidak dilakukan

Dengan cara menggosok / sentuhan

1

Benda magnetik digosok atau disentuh dengan magnet permanen dari ujung ke ujung.    

2

Penggososkan ini dilakukan secara searah dan berulang-ulang.    

3

Setiap kali selesai melakukan penggosokan, magnet batang diangkat tinggi-tinggi dari benda magnetik yang akan dijadikan magnet.    
Dengan cara Induksi (Imbas)

1

Mendekatkan magnet benda yang akan dibuat magnet dalam waktu yang cukup lama.    

2

Mendekatkan bahan magnetik tanpa dengan sentuhan atau gosokan.    
Dengan cara menggunakan arus listrik (Elektromagnet)

1

Melilitkan kabel tanpa isolasi dengan bahan magnetic.    

2

Kabel tersebut dialiri listrik arus searah (DC)    

\

TABEL 2

No

Aspek yang diamati

Dilakukan

Skor

keterangan

Ya

Tidak

4

3

2

1

1

Persiapan alat / bahan              

2

Merangkai alat percobaan cara membuat magnet              

3

Keterampilan melakukan dan mengamati  percobaan              

4

Kerapian dalam mengembalikan  peralatan              

5

Diskusi              

6

Presentasi              
  Jumlah Skor  

 

RUBRIK PENILAIAN KINERJA UNTUK TABEL 2

 

No

Aspek yang diamati

Rubrik

Keterangan

1

Persiapan alat dan bahan

  1. Sangat lengkap
  2. Lengkap
  3. Cukup lengkap
  4. Kurang lengkap
 

2

Merangkai alat percobaan cara membuat magnet

4.  Rangkaian tepat sesuai petunjuk, waktu merangkai singkat

3.  Rangkaian tepat,  waktu merangkai  lebih lama

2.  Rangkaian tepat,  waktu merangkai  cukup lama

1.  Rangkaian kurang tepat

 

3

Keterampilan melakukan dan mengamati  percobaan 4.  Menggunakan peralatan sesuai fungsi, tidak merusak alat, hasil percobaan benar

3.  Menggunakan peralatan sesuai fungsi, tidak merusak alat, hasil percobaan kurang benar

2.  Menggunakan peralatan sesuai fungsi, alat ada yang rusak

1.  Menggunakan peralatan semaunya

 

4

Kerapian dalam mengembalikan peralatan
  1. Lengkap dalam keadaan baik dan rapi
  2. Lengkap dalam keadaan baik tetapi tidak rapi
  3. Lengkap tetapi ada yang rusak namun rapi
  4. Tidak lengkap dan tidak rapi
 

5

Diskusi
  1. Aktif bertanya dan sesuai materi
    1. Aktif bertanya dan sesuai dengan materi namun berbelit-belit
    2. Aktif bertanya dan kurang sesuai dengan materi
    3. Tidak aktif bertanya ( diam )
 

6

Presentasi
  1. Jelas dan menjawab sesuai dengan yang ditanyakan oleh penanya
  2. Jelas dan menjawab sesuai dengan yang ditanyakan oleh penanya tetapi tidak lengkap
  3. Tidak menjawab tetapi mencari jawaban di buku
  4. Tidak menjawab dan tidak mau berusaha mencari jawaban
 
  Jumlah Skor  

 

Satuan Pendidikan       : SMP

Mata Pelajaran             : FISIKA

Kelas/ Semester            : IX/ II

 

 

Judul                     : Pembuatan Magnet

Kegiatan              : Melakukan percobaan untuk membuat magnet secara induksi,gosokan,dan  dengan dialiri arus listrik.

Masalah               : Bagaimana cara membuat magnet secara induksi,gosokan,dan dengan dialiri arus listrik

Hipotesis             : …………….

Variabel               : Variabel bebas :…………..

Variabel tetap :……………

Variabel kontrol : …………..

 

 

 

 

  1. 1.      Dengan Cara Gosokan

11

Gambar 1.1 pembuatan magnet secara gosokan

  1. 2.      Dengan Cara Induksi
 12

 

 

 

 

 

 

Gambar 1.2 pembuatan magnet secara induksi

  1. 3.      Dengan Cara Menggunakan Arus Listrik (Elektromagnet)

13

Gambar 1.3 pembuatan magnet secara electromagnet

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s