bentuk tes

A. Tes Pilihan Ganda

 

Jenis soal pilihan ganda (multiple choise) merupakan jenis yang paling popular dalam kelompik butir soal objektif.Butir soal pilihan ganda adalah butir soal yang alternative jawabannnya lebih dari dua (berganda).Pada umumnya jumlah alternative jawaban itu berkisar antara empat atau lima.

Tiap soal pilihan ganda terdiri dari dua bagian,yaitu pertanyaaan yanga biasa juga disebut stem,dan alternative jawaban disebut juga option.Stem mungkin dalam bentuk pernyataan atau dapat juga berupa pertanyaan.Bila berbentuk pernyataan,mungkin merupakan pernyataan yang lengkap atau pernyataan yang tidak lengkap.Mungkin pula berisi pernyataan dan pertanyaan.Option terdiri dari beberapa pilihan,dan salah satu dari alternative pilihan itu adalah jawaban yang benar terhadap pertanyaan.Option yang merupakan jawaban yang benar dinamakan Kunci Jawaban.Alternatif jawaban yang bukan kunci jawaban dinamakan pengecoh atau distractor.

 

1. Keunggulan tes pilihan ganda

            Keunggulan yang dimiliki oleh tes pilihan ganda antara lain:

  1. Dapat digunakan untuk mengukur sekala jenjang tujuan instruksional,mulai dari yang paling sederhana (C1) sampai yang kompleks (C6).
  2. Dapat menggunakan jumlah butir soal yang lebih banyak,karena hanya diperlukan waktu yang relatif singkat untuk menjawab setiap butir soal.Penarikan sampel pokok bahasan yang akan diujikan dapat lebih luas sehingga tes dapat mencakup hampir seluruh pokok bahasan.
  3. Pemeriksaan (penskoran) jawaban peserta tes dapat dikerjakan dalam waktu yang singkat.
  4. Dapat dikonstruksi untuk mengukaur kemampuan peserta tes memberikan berbagai tingkatan kebenaran.Misalnya dapat dibuat butir soal dengan option yang seluruhnya benar tetapi berbeda tingkat kebenarannya.Peserta tes diminta untuk memilih option yang paling benar.
  5. Dapat menggunakan lebih dari dua option sehingga dapat mengurangi kemungkinan siswwa menebak.Keinginan menebak menjadi lebih besar bila kemungkinan  (probabilitas) menjawab benar cukup besar.
  6. Memungkinkan dilakukannnya anlisis butir soal secara baik.Tes pilihan ganda dapat disusun setelah butir-butir soalnya diuji cobakan.Bila setelah diuji coba dan dianalisis ternyata ada butir soal yang jelek dan lemah,perbaikan (revisi) terhadap soal dapat dilakukan.
  7. Tingkat kesukaran butir soal dapat dikendalikan atau diatur dengan mengubah tingkat homogenitas alternatif jawaban.Semakin homogen alternatif jawaban semakin tinggi tingkat kesukarannnya.
  8. Dapat memberikan informasi tentang siswa (testee) lebih banyak terutama bila soal itu memiliki homogenitas yang tinggi.Setiap pilihan siswa terhadap alternatif jawaban merupakan informasi tenyang penguasaan kognitif siswa dalam bidang yang dites sehingga dapat digunakan untuk mengukur daya serap siswa,dan mendiagnosis kelemahan siswa.

 

2. Kelemahan tes pilihan ganda

Kelemahan yang dimiliki oleh bentuk tes pilihan ganda antara lain :

  1. Sukar dikonstruksi.Kesukaran dalam mengkonstruksi (membuat) soal pilihan ganda terutama untuk menemukan alternatif jawaban saja,yaitu kunci jawaban.Alternatif lainnya dicari dan ditemukan dengan tergesa-gesa sehingga tidak akan homogen.
  2. Kurang mencerminkan kemampuan siswa yang sesungguhnya.
  3. Membatasi siswa untuk menyelesaikan jawaban dan pemecahan sendiri.
  4. Adanya kecenderungan hanya untuk menguji dan mengukur aspek ingatan yang merupakan aspek yang paling rendah dalam ranah kognitif.
  5. Penggunaan tes pilihan ganda secara terus menerus akan menyebabkan siswa mengetahui dan mengerti tentang suatu problem,tetapi tidak tahu bagaimana memecahkan problem tersebut dalam situasi yang nyata.
  6. Makin terbiasa seseorang dengan bentuk tes pilihan ganda,makin besar kemungkinan ia mendapatkan skor lebih baik yang sebenarnya tidak berdampak positif terhadap hasil individu.
  7. Tidak dapat digunakan untuk mengukur keterampilan,keindahan,kemampuan megorgaisisr,dan menampilkan ide-ide baru dari siswa yang sangat penting bagi pengembanagn ilmu.

 

 

 

Contoh soal pilihan ganda :

 

1. Bunyi kereta api sudah terdengar jika telinga didekatkan pada rel sekalipun kereta masih jauh.Hal ini merupakan bukti bahwa…….(ranah C5    )

a. Bunyi dapat merambat melalui besi

b. Udara tidak dapat merambatkan bunyi kereta api

c. Bunyi kereta sanagt nyaring

d. Rel kereta terbuat dari besi

 

 

B. Tes Benar-Salah

Butir sosl benar salah (true – false item ) adalah soal yang terdiri dari pernyataan penyataan (statemen) yang disertai dengan alternatif jawaban. Pernyataan tersebut adalah benar salah Peserta tes trsebut tinggal menyilang atau melingkari huruf B jika pernyataan menurut pendapat benar dan huruf S jika salah.Banyak hal yang harus diperhatikan dalam membuat soal benar salah agar mendapatkan butir soal yang baik.

 

  1. 1.  Keunggulan Tes Benar Salah
    1. Mudah dikonstruksi   karena hanya membutuhkan satu pertanyaan .Pernyataan itu saja harus berhubungan dengan bidang studi yang harus di uji
    2. Soal benar salah harus dapat mewakili seluruh  pokok bahasan karena soal ini hanya meminta waktu yang singkat untuk menjawabnya.Dalam waktu singkat siswa harus banyak menjawab soal
    3. Mudah diskor karena untuk setiap soal hanya ada dua alternatif jawaban
    4. Merupakan bentuk soal yang baik untuk mengukur fakta dan hasil belajar langsung terutama yang berkenaan dengan ingatan
    5. Dapat digunakan berulang kali
    6.  Dapat dikoreksi secara cepat dan objektif
    7. Petunjuk pengerjaannya mudah dimengerti

 

  1. 2.  Kelemahan Tes Benar Salah
    1. Mendorong Siswa untuk menebak jawaban .Kemungkinan jawaban benar sama dengan kemungkinan jawaban salah sehingga kemungkinan diswa untuk menebak lebih besar
    2. Terlalu menkan pada asoek ingatan .Kurang dapat mengukur aspek pengetahuan yang lebih tinggi . Kekemahan ini lebih buruk kalau penyusun soalmengutip langsung dari pernyataan yang  pada buku ajar yang digunakan
    3. Banyak masalah yang tidak dapat dinyatakan hanya dengan dua kemungkinan benar atau salah
      1. Meminta responh dari siswa yang berbentuk peenilaian mutlak

 

Contoh soal tes benar salah :

Isilah dengan huruf B jika benar dan huruf S jika salah,untuk setiap pernyataan berikut!

1. (………) Bila cepat rambat bunyi di udara 350 m/s menempuh jarak 2100 m.maka waktu yang diperlukan dari sumber bunyi untuk merambat adalah 6 sekon.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s